Selasa, Mei 28, 2013

28 Mei – Hari Biasa (Sir. 35:1-12; Mrk. 10:28-31) 

Teks Kitab Suci
28 Berkatalah Petrus kepada Yesus: "Kami ini telah meninggalkan segala sesuatu dan mengikut Engkau!"29 Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang karena Aku dan karena Injil meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, ibunya atau bapanya, anak-anaknya atau ladangnya,30 orang itu sekarang pada masa ini juga akan menerima kembali seratus kali lipat: rumah, saudara laki-laki, saudara perempuan, ibu, anak dan ladang, sekalipun disertai berbagai penganiayaan, dan pada zaman yang akan datang ia akan menerima hidup yang kekal.31 Tetapi banyak orang yang terdahulu akan menjadi yang terakhir dan yang terakhir akan menjadi yang terdahulu."

Renungan oleh 
Romo Yosef Aris, MSF

Ganjaran hidup kekal bagi mereka yang setia mengikuti Yesus. Yaaaa.... setiap orang pasti pernah memperhitungan sesuatu sebelum bertindak atau memutuskan. Entah berdasarkan untung-rugi, tulus ikhas – terpaksa, gembira-sedih. Memang sangat wajar dan manusiawi demi tujuan hidup yang lebih baik di kemudian hari. Yesus menjawab pertanyaan Petrus perihal apa yang akan didapatkan dengan meninggalkan banyak hal untuk mengikutiNya (Mrk 10:28). Ia akan memberikan hidup yang kekal bagi mereka yang mengikutiNya (ay 30). Kehidupan yang lebih baik menurut ukuran Yesus (segi ilahi), yang berbeda dengan pikiran manusiawi. Yesus menambahkan, kehidupan kekal itu akan diperoleh jika ia berani mengutamakan Allah (percaya dan mengandalkan Allah), setia dalam penderitaan, ketulusan, kerelaan dalam berbuat kasih. 

Semua itu hanya di dasarkan pada iman. Iman mampu mengubah segala sesuatu. Tetapi kalo kita kehilangan iman, akan kehilangan juga segala-galanya termasuk hidup kekal. Iman kepada Allah tidak dapat digantikan dengan kekayaan, kuasa, jabatan. Allah menjadi yang utama untuk dapat mempersembahkan diri dengan baik, untuk menjauhkan diri dari segala kejahatan. Allah menjadi yang utama, sebagai sumber kejujuran, keadilan, dan ketulusan.

Tidak ada komentar: