Jumat, Maret 02, 2012










“ MENGENAL SASTRA APOKALIPTIK”



RINGKASAN WB VOL.12
NO. 2, APRIL-JUNI 2012
New
Harga Rp. 9.000,-

Artikel Utama
ADA APA DENGAN SASTRA APOKALIPTIK? (Indra Sanjaya, Pr)
Dalam kehidupan umat beriman Kristiani, Kitab Suci hampir selalu mendapatkan nama yang harum. Meski demikian, disadari bahwa beberapa bagian dari Kitab Suci ternyata tidak selalu dapat menawarkan kelegaan, malah sebaliknya, terkesan membawa aroma menyeramkan.

SIMBOLISME KITAB WAHYU (Hortensius Mandaru)
Kitab Wahyu amat populer justru karena umumnya salah dipahami! Banyak orang membaca kitab ini sebagai ramalan atau petunjuk tentang akhir zaman. Mereka yakin bahwa Yohanes mendapat pengetahuan detail dari Yesus tentang akhir zaman itu, lalu menyampaikannya dengan pelbagai kode dan simbol yang penuh misteri. Benarkah demikian?

APOKALIPTISISME DALAM KITAB PARA PENJAGA (Albertus Purnomo, OFM)
Mari mengenal salah satu kisah penting dalam kitab 1 Henokh, yakni legenda para malaikat penjaga, yang pada intinya bicara tentang pemberontakan sejumlah malaikat terhadap Allah. Kita mengenalnya dengan sebutan kisah “jatuhnya para malaikat” atau asal-usul Iblis (Lucifer).

Kerasulan Kitab Suci
MEMBACA PERUMPAMAAN (Y.M. Seto Marsunu)
Ketika membaca perumpamaan, penting bahwa kita jangan sampai terjebak untuk mencari penjelasan rinci mengenai ceritanya. Lalu apa yang harus kita lakukan, agar dapat memahami makna suatu perumpamaan secara tepat?

Perikop-perikop Sulit
JANGAN MENCURI(Jarot Hadianto)
Di antara sepuluh firman yang dinyatakan Allah kepada orang Israel setelah mereka lepas dari perbudakan Mesir, ‘jangan mencuri’ terhitung sebagai firman yang ketujuh. Perintah ini sering dikritik sebagai pembelaan terhadap orang-orang kaya. Mengapa bisa begitu?

Apa Kata Kitab Suci tentang…
ABU & MAKNA SIMBOLISNYA (Alfons Jehadut)
Apa kata Kitab Suci tentang abu? Apa makna simbolis dari tindak menaruh abu di atas kepala atau di bagian tubuh lainnya? Apa makna simbolis abu dalam perayaan liturgi hari Rabu Abu?


Pemesanan : 021 - 8318633, 8290247
Fax : 021 – 83795929
SMS Center : 021 – 93692428
Email : pks@biblikaindonesia.org

Tidak ada komentar: