Jumat, Juni 07, 2013

7 Jun – HARI RAYA HATI YESUS YANG MAHAKUDUS (Yeh. 34:6-11; Luk. 15:3-7) 

Teks Kitab Suci
3 Lalu Ia mengatakan perumpamaan ini kepada mereka:4 "Siapakah di antara kamu yang mempunyai seratus ekor domba, dan jikalau ia kehilangan seekor di antaranya, tidak meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di padang gurun dan pergi mencari yang sesat itu sampai ia menemukannya?5 Dan kalau ia telah menemukannya, ia meletakkannya di atas bahunya dengan gembira,6 dan setibanya di rumah ia memanggil sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya serta berkata kepada mereka: Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dombaku yang hilang itu telah kutemukan.7 Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih dari pada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan."

Renungan oleh 
Romo Edy, Pr

Jati diri Yesus sering menjadi pertanyaan baik di kalangan para murid maupun orang-orang sejamannya. Siapa Yesus bagi kita? Secara teoritid kita begitu gampang menjawabnya;Dia adalah Putera Allah, Dia adalah Mesias, dst. Tetapi jawaban yang tepat adalah sangat tergantung dari iman kita kepadaNya dan pengalaman, kebersamaan kita dengan Yesus. 

Ketika kita lebih terpaku pada jawaban manusiawi atau dalam konteks keMesiasan Yesus secara politis maka akan sulit untuk memahami bahwa Yesus melebihi Daud. Yesus memang Mesias, Dia adalah raja segala raja tetapi bukan dalam arti politis. 

Bagaimanakah kita mengimani Yesus? Apakah karena Dia mengabulkan doa-doa kita, menolong kita ataukah dalam segala situasi suka dan duka kita tetap mengimani Dia?

Tidak ada komentar: