Selasa, Juni 07, 2011









“MEMPERBINCANGKAN MONOTEISME”

RINGKASAN WB VOL.II
NO. 3, JULI-AGUSTUS 2011New
Harga Rp. 9.000,-


Artikel Utama
MUNCULNYA MONOTEISME DALAM ALKITAB YAHUDI(Martin Harun, OFM)
Dalam kisah Abraham, Ishak, dan Yakub, hubungan khusus dengan “Allah leluhur” belum disertai penyangkalan akan adanya ilah lain. Masih diandaikan bahwa ilah-ilah yang lain juga ada, tetapi mereka tidak menjadi ilah suku-suku Israel.


PERSEKUTUAN PARA “ALLAH”( Deshi Ramadhani, SJ)
Dalam Perjanjian Lama ditemukan adanya jejak-jejak politeisme yang masih menjadi bagian dalam cara orang Israel mengungkapkan kepercayaan monoteistik mereka. Setelah mereka sampai pada monoteisme Yahwistik, tidak berarti bahwa pemahaman politeisme mereka hilang tanpa bekas.


TRINITAS: MASIH MONOTEIS?( Adrianus Sunarko, OFM)
Titik berangkat pembicaraan kita tentang Allah Tritunggal tidak lain adalah kesaksian Kitab Suci. Dalam Kitab Suci, kita menemukan beraneka ragam ungkapan iman akan Allah Trinitaris yang mewahyukan diri dan bagaimana Ia dialami hadir oleh kaum beriman.


Kerasulan Kitab Suci
PENUHLAH MEREKA DENGAN ROH KUDUS(Andreas B. Atawolo, OFM)
Roh Kehidupan menaungi kita ketika kita mengupayakan budaya kehidupan; menularkan tutur kata dan tindakan yang menghidupkan sesama; melawan budaya korupsi dan eksploitasi alam, serta pelecehan martabat manusia.


Perikop-perikop Sulit
HABIS SENSUS TERBITLAH BENCANA(Jarot Hadianto)
Kalau cacah jiwa merupakan kesalahan, mengapa TUHAN membujuk Daud untuk melakukannya? Mengapa pula TUHAN lalu menghukum Daud karenanya? Bukankah tanggung jawab seharusnya berada di pihak TUHAN sendiri?


Apa Kata Kitab Suci tentang…
LILIN DALAM LITURGI GEREJA(Alfons Jehadut)
Menyalakan lilin di depan salib, patung Bunda Maria, dan santo-santa lainnya tidak hanya dilakukan dalam kegiatan ibadat di gereja, tetapi juga di rumah-rumah umat beriman dalam kegiatan ibadat dan devosi. Apakah kegiatan liturgis ini sesuai dengan tradisi biblis? Apa makna simbolis dari terang yang hasilkan oleh lilin tersebut?


Pemesanan : 021 - 8318633, 8290247
Fax : 021 – 83795929
SMS Center : 021 – 93692428
Email : pks@biblikaindonesia.org

Tidak ada komentar: