Senin, Desember 05, 2011









“INJIL MARKUS, INJIL YANG PERNAH HILANG”



RINGKASAN WB VOL.11
NO. 1, JANUARI-MARET 2012 New
Harga Rp. 9.000,-



Artikel Utama
SEKILAS MENGENAL INJIL MARKUS
(H. Pidyarto, O.Carm)

Selama lebih dari tujuh belas abad pertama, Injil Markus praktis diabaikan orang. Dibandingkan dengan Injil lain, Injil ini paling sedikit dikutip dalam liturgi Gereja, paling sedikit pula komentar yang ditulis orang tentangnya. Mengapa bisa terjadi demikian?


DUA BELAS MURID DALAM MARKUS GAGAL?
(Martin Harun, OFM)

Di Taman Getsemani, murid-murid lari meninggalkan Yesus. Demikian menurut penuturan Injil Markus, berbeda dengan Lukas dan Yohanes. Apakah menurut Markus mereka sama sekali gagal? Apakah mereka adalah pengikut-pengikut yang akhirnya murtad, atau bahkan menggambarkan orang-orang bidaah, seperti yang pernah ditulis seorang pakar?


TERBUNGKAM KARENA TAKUT (MRK. 16:8)
(Deshi Ramadhani, SJ)

Ternyata akhir Injil Markus punya empat macam versi. Jelas, sejumlah pihak tidak puas kalau Injil ini berakhir pada Mrk. 16:8. Bagaimana mungkin sebuah kabar gembira diakhiri dengan kisah kegagalan para perempuan yang tidak menjalankan perintah malaikat akibat dicekam oleh ketakutan?


Kerasulan Kitab Suci
MEMBACA CERITA DALAM KITAB SUCI
(Y.M. Seto Marsunu)

Kitab Suci berisi sabda Allah yang ditulis dalam bahasa manusia. Ketika membaca Kitab Suci, orang perlu memperhatikan bahasa manusia yang dipergunakan itu. Dengan kata lain, orang harus memperhatikan jenis sastra yang dipergunakan, lalu menyelidiki apa yang disampaikan oleh para penulis dan apa yang disampaikan oleh Allah dengan kata-kata mereka.


Perikop-perikop Sulit
KALA SEMAK MENJADI RAJA
(Jarot Hadianto)

Yotam, anak bungsu Gideon, mengisahkan sebuah perumpamaan tentang segenap pepohonan yang menyelenggarakan pertemuan di suatu tempat untuk memilih salah satu dari mereka menjadi raja. Apa maksud perumpamaan yang memiliki ending penuh ancaman itu?


Apa Kata Kitab Suci tentang…
PATUNG & GAMBAR ORANG KUDUS
(Alfons Jehadut)

Mengapa orang Katolik menyembah patung dan gambar orang kudus? Banyak orang mengkritik praktik penghayatan iman kita karena didasari oleh sebuah anggapan yang salah. Mereka mengira kita menyembah patung dan gambar kudus!



Pemesanan : 021 - 8318633, 8290247
Fax : 021 – 83795929
SMS Center : 021 – 93692428
Email : pks@biblikaindonesia.org


Tidak ada komentar: